PLANOLOGI ITN MALANG

PLANOLOGI ITN MALANG
BANGGA JADI ALUMNI PLANOLOGI ITN

MAULID NABI MUHAMMAD SAW

Esensi Maulid nabi mulai banyak dirasakan dan lebih jelas dapat diketahui pada masa- masa sekarang ini. pergolakan di Indonesia sering di lakukan oleh beberapa Ormas yang menamakan diri sebagai kaum muslim. seperti contoh dibuatnya karikatur Nabi Muhammad SAW, adanya golongan yang mengaku sebagai nabi baru. ternyata tidak hanya kursi presiden yang coba orang perebutkan, akan tetapi kursi jabatan kenabian juga banyak manusia ingin meraihnya.
Dengan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, semoga hal ini akan dapat memberikan sebuah pemahaman yang mengental di Jiwa kita sebagai kaum Muslim sejati, bahwasanya Nabi Muhammad adalah nabi terakhir dan tiada yang mengakhirinya. kenapa syahadat sebagai sebuah kewajiban dan kartu mati bagi siapapun umat manusia untuk dapat masuk sebagai orang muslim, ini adalah sebuah bentuk keyakinan bahwa nabi Muhammad merupakan nabi Akhiruzzaman yang artinya sampai akhir zamanpun tetaplah nabi Muhammad yang diyakini sebagai Nabi terakhir. dan ini sudah jadi Harga Mati yang tertuang dalam kalimat Syahadat. " Saya Bersaksi tiada Tuhan selain Alloh SWT, dan saya bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah Rosul Alloh".
Dikampung saya rencananya akan diadakan kegiatan Maulid Nabi Muhammad SAW. yang diprakarsai oleh Remaja Masjid (REMAS) yang InsyaAlloh diselenggarakan pada :
    • Hari dan Tanggal : Kamis, 03 Maret 2011
    • Waktu : Ba'dza Isya' - selesai
Untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW kami telah mempersipkan beberapa hal, diantaranya adalah ID card dan Banner pengajian. dapat dilihat disini contoh desainnya
Desain id card Panitia dan Stempel
Desain Banner/Spanduk maulid Nabi Muhammad SAW
Semoga sukses selalu acaranya ya....dan untuk liputan tentang suasana pengajian dan apa saja hal-hal yang dapat dipetik sebagai suri tauladan dari pembicara dalam hal ini oleh KH. Syeh Rozi, tunggu hasil liputannya.

Proses Pemasangan Panggung, Spanduk dan Terop
Pemasangan Kursi
Suasana Sehabis memasang Spanduk
Sebagaimana janji saya..sekarang saya akan coba melaporkan bagaimana hasil moment dari peringatan maulid Nabi Muhammad SAW di kampung kelahiran saya. gambar - gambar
ini adalah persiapan pemasangan panggung, spanduk dan terop serta kursi oleh seluruh Crew panitia yang tergabung dalam kepanitiaan Maulid Nabi Muhammad SAW.Kegiatan ini dimulai dari pagi harinya Jam 08 pagi.
Pada sore harinya ba'dza ashar dilakukan Geladi bersih oleh para santriwan-santri wati yang menamakan diri sebagai ARMADA SANTRI.
Suasana Armada santri  saat gladi bersih dan sehabis Gladi Bersih
























Penapilan Armada santri yang membuat Detak Kagum tamu undangan
Acara dimulai pada jam 06.30 dengan penampilan pertama Khotmil Qur'an Juz 30 dengan sistim khafidz (Hafalan) oleh beberapa santri senior, dan setelah itu istirahat sejenak sambil menunggu kehadiran Tamu undangan, dan dilanjutkan dengan penampilan oleh beberapa santri yaitu membacakan Puisi tentang Nabi Muhammad SAW. selanjutnya masuk pada pembukaan acara oleh MC, dilanjutkan dengan qiro'atul Qur'an, sambutan Ketua Panitia, Sambutan Bapak Kepala Desa, dan dilanjutkan dengan penampilan Sholawat oleh Armada Santri, dan masuk pada acara inti yaitu Ceramah Agama oleh Syeh Rozi. 
Suasana Sempat mencair saat kehadiran para santri - santri kecil membuat detak kagum dan sesekali tersenyum Orang tua dari santri yang tampil dan para penonton melihat keluguan mereka saat tampil dan berbicara didepan banyak orang. tepuk tangan mereka yang terdengar gemuruh memberikan sebuah apresiasi atas penampilan mereka yang begitu memukau para tamu undangan.

Suasana ditribun Tamu Undangan
Khafid Qur'an Juz 30
Mauidhotul Khasanah Oleh KH.Sae Rozi
Adapun Isi Ceramah yang dapat disimpulkan disini diantaranya adalah :
  1. Bahwasanya manusia itu adalah makhluk yang Ghoib
  2. Kehidupan manusia didunia tidaklah abadi karena akan selalu berpindah-pindah Ruhnya. dari Rahim seorang ibu, pindah kedunia dan akan pindah ke Alam Barzah
  3. Perbedaan didunia dan dialam Barzah salah satunya adalah pengelompokan manusia. didunia bercampur antara yang baik dan buruk. di Alam Barzah nantinya akan dibedakan berdasarkan Amal perbuatannya selama hidup di dunia
  4. baik dan buruknya manusia itu juga didasarkan pada sifat kebiasaannya yang semuanya itu ada prosesnya didalam perubahan. manusia menjadi buruk sifatnya tidaklah secara tiba-tiba namun melalui bebeapa tahapan, begitu juga dengan orang untuk menginginkan menajdi baik.
  5. semakin sering orang melakukan kebiasaan baik maka tidak akan merasakan bahwa dia melakukan kebaikan. begitu juga dengan orang yang terbiasa melakukan kejelekan dibumi, karena terbiasa jadinya tidak akan menyadari bahwa dia telah melakukan perbuatan yang jelek. hal ini karena sudah menjadi terbiasa.
  6. Nasehat sebagaimana yang disampaikan didalam mauidloh tersebut, bila mana ingin menjadi orang baik tahapan awalnya yaitu cobalah memperbanyak dzikir salah satunya dengan memperbanyak membaca sholawat dan yang kedua jangan pernah berontak saat di ingatkan untuk hal kebaikan. baik oleh hatinya sendiri maupun dengan perantara orang lain.
Di dalam penjelasan-penjelasan tersebut, sering kali Romo Yai Sae rozi memberikan slentingan-slentingan untuk mencairkan suasana yang membuat banyak tamu undangan terbawa ketawa atas kekocakan bahasa dari KH. Sae Rozi. hingga waktu hampir satu jam lebih terasa begitu cepat. salah satu yang sempat disampaikan oleh beliau yaitu saat hadirin ditanyakan tentang masalah keduniaan. " inginnya hadirin sekalian rizki itu dibawah sendiri atau dibawakan orang lain?" spontan semua hadirin menjawab dibawah sendiri. Kyai langsung menjawab " Inilah bedanya orang bodoh sama orang pintar". semua hadirin masih keheranan maksudnya Romo Yai Sae Rozi. lanjut beliau menjelaskan kalo rizki dibawa sendiri berarti dipikul-pikul sendiri, nah kalo dibawakan kayak orang pintar hanya duduk-duduk dirumah dan sudah ada yang nganterin sendiri pegawai/karyawannya". semua hadirin spontan tertawa semua.

Ya hanya itu yang bisa saya janjikan untuk diceritakan tentang suasana dan kesemarakan kegiatan Maulid Nabi Muhammad dikampung saya.
Terimakasih untuk seluruh panitia yang sudah mencurahkan segala tenaga dan pikirannya, semoga kita semua akan mendapatkan safaat dari Rosululloh Muhammad SAW.walaupun terlalu banyak intervensi kiri - kanan saat menjalankan acara, semoga itu bukan dianggap sebagai sebuah permasalahan, akan tetapi dapat dijadikan sebagai pembelajaran untuk lebih baik dalam melaksanakan kegiatan selanjutnya.
ALL CREW REMAS NURUL HIDAYAH


2 komentar:

SILAHKAN IDE, KOMENTAR, UNEG-UNEG ANDA TENTANG SEMUA POSTINGAN INI