PLANOLOGI ITN MALANG

PLANOLOGI ITN MALANG
BANGGA JADI ALUMNI PLANOLOGI ITN

INSPIRASI SERAGAM MERAH PUTIH DIPULAU SANDELWOOD



Inspirasi baru yang kudapatkan dipinggiran Kabupaten Sumba Timur Pulau Sumba..semangat yang menggebu dalam belajar..siang itu pulang dari survey lapangan di Tanarara (tanah merah)m emang banyak tanah warna merah disini merupakan daerah pertanian yang cukup subur yang mendekati Taman Nasional Wanggameti. tepatnya dikecamatan Matawai Lapawu. terik matahari dan kencangnya angin memberikanku kesejukan hawa dengan lintasan sirkuit yang berkelok-kelok mengelilingi bukitan. dengan sang joki Mr. ALI motor TS sebagai teman setia kami untuk berpetualang.tepat jauh dari ujung wilayah kecamatan Kambata Mapambuhang tergerakku untuk berhenti dan mencoba mengabadikan sebuah moment indah merah Putih sebuah rombongan Anak SD berjalan kaki dipanasnya matahari dengan gerak yang begitu cepat dengan ditemani oleh seorang guru. alibiku mengatakan mungkin mereka tidak mau lama-lama terpanggang oleh panasnya matahari atau karna menahan perut yang kosong keroncongan. sejenak kucoba hentikan langkah mereka..sedikit berbincang kucoba mengajak mereka bercanda dan ku tak pernah lewatkan moment ini dengan mengabadikannya dalam camera olympus.
mereka tip hari harus lakukan hal yang sama untuk dapat mencari sebuah ilmu yang tak pasti kemana arahnya membawa masadepan mereka,keterpakuan pendidikan tersebut mematok mereka kepada tuntutan mengikuti aturan apa yang mereka mainkan, apa yang mereka tuliskan, apa yang mereka patrikan didalam buku-buku panduan ajaran, keluguan mereka untuk terus melakukan setiap harinya melalui jarak sekitar 4 Km antara lokasi pendidikan dengan kampung mereka, memberikan inspirasi bagiku..sebuah inspirasi dari manusia berseragam merah putih...
Bapak Guru yang selalu menuntun mereka dengan penuh keikhlasan menjadikan mereka begitu disegani dan dihormati sungguh engkau Guru yang tidak bisa diukur dengan jasa. tidaklah imbang apa yang kau berikan dengan apa yang engkau dapatkan guruku..pernahkah engkau tahu dan mencoba ingin tahu..bagaimana guru - guru dikota sana..sedikit-sedikit mereka butuh tuntutan dengan dalih kesejahteraan,mereka gemborkan bahwa mereka yang mendidik kita hingga menjadi sosok yang bisa memimpin bangsa..lantas setelah jadi pemimpin bangsa mereka lupakan guru-gurunya dan melakukan kejahatan pada pendidikan..apa mau guru mengakui bahwa dulu mereka adalah murid saya, dari sekolah ini,..seorang presiden Amerika Barrack Obama hanya tinggal beberapa tahun saja tidak sampai tamat dalam sekolah SD di Jakarta mereka sudah menganggap bahwa Obama murid dari sekolah ini, kami bangga,..hehe..lucu negeri ini..kalo Obama terus-terusan dari sekolah di Indonesia pertanyaanya..?? apakah menjamin kalo seorang Obama bisa Jadi presiden seperti saat ini..?? masih banyak kawan Obama-Obama kecil,Soekarno kecil, Hatta kecil,Dewantoro Kecil,Paijo Kecil ato siapalah yg perenah berjuang untuk Bumi indonesia dan tak pernah dikenang yang perlu diperhatikan, yang perlu kita sayang..STOP berpesta dengan kebanggaan - kebanggan semu orang lain yang tidak sepenuhnya mereka tumbuh karena jasa Bangsa dari bangsa ini..masih ada satu yang membuatku heran yang tidak pernah aku temukan dijawa..mereka selalu menyapa kita saat kita berjua dengan anak-anak sekolah dari SD - SLTP. walaupun kita dalam berkendara dan dengan kecepatan yang tidak pelan mereka selalu teriakkan kata Selamat Siang Om..Selamat Pagi Om..memukau..
Mari kini kita kembali pada kehidupan kita disini..semoga kita bisa jadi manusia yang mau bersyukur apa dengan yang kita sudah miliki saat ini..Jangan Pernah Puas dengan Ilmu kita tapi puaslah dengan kesejahteraan yang lebih baik kita punya dari mereka agar kita tidak jadi manusia yang tamak, rakus dan mengindahkan nurani kemanusian kita.Pandanglah keatas untuk ilmu dan pandanglah kebawah unuk urusan harta...
Sebuah Kota yang bergelimang dengan fasilitas pelayanan, kemana kita mau sekolah fasilitas angkutan umum siap mengantarkanya, kendaraan siap melaju..bagaimana dengan mereka belum pernah bisa mereka rasakan..hingga sampai kapan dan apakah memang mereka tidak ditakdirkan untuk merasakan hingga ajal menjemputnya..dan apakah ini akan menjadi lingkaran kemiskinan hingga turun temurunnya..
Semoga kesejahteraan tidak hanya muncul pada 5 tahunan musim kampanye, musim cari perhatian..perhatikan kehidupan mereka kalo ingin merah putih masih jadi seragam mereka..semoga para stakeholder yang berpengaruh dan memiliki kepentingan dinegeri ini wujudkan untuk indonesia yang adil dan sejahtera apa yang dimiliki bisa dinikmati oleh semua rakyatnya..
terimakasih seragam merah putih..kalian telah memberikan inspirasi untukku memberikan catatan baru untuk mengisi blogku lagi..

ENAM HARI BERPETUALANG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

SILAHKAN IDE, KOMENTAR, UNEG-UNEG ANDA TENTANG SEMUA POSTINGAN INI