PLANOLOGI ITN MALANG

PLANOLOGI ITN MALANG
BANGGA JADI ALUMNI PLANOLOGI ITN

KAMPUNG DEWA SUMBA TENGAH TEPATNYA




Sumba sebuah Pulau yang tidak asing lagi bagiku. Mungkin sudah seperti rumah kedua karna keseringannya aku datang kesana.


Makam Alm.Umbu Tipuk marisi (mantan Bupati 1 Sumba)
Pasir Besi di Mamboro
Kali ini aku akan bercerita sedikit tentang beberapa tempat dan potensi alam di Bumi Sumba Tengah. Kalo Bali dikenal dengan Nama Pula Dewata, nah kalo untuk kampungnya dewa mungkin Sumba Tengah lebih tepatnya. Karena disini terdapat sebuah peninggalan sejarah berupa kampong Adat Laitarung yang berarti Kampung Dewa. Untuk menuju kelokasi rutenya dari pertigaan Pasunga arah ke kampong Kabunduk ( Rumah Bapak Bupati Sumba Tengah Umbu Bintang) dan kita jalan kaki dari Rumah Bupati kearah belakang dan naik bukit. Pertama kita akan melihat batu – batu kubur megalitik yang sudah berusia ratusan tahun. Namun sayangnya banyak ukirannya yang sudah patah dan tak jelas kemana hilangnya patahannya. Dan naik lagi keatas kita akan temukan beberapa rumah masyarakat, dan sampai keatas lagi kita akan temukan 2 rumah adat. Dan salah satu rumah yang kecil masih menggunakan tiang pancang dari Batu. Di tengah – tengahnya terdapat pohon yang konon pohon tersebut dijadikan bahan untuk obat – obat luka akibat peperangan.Dari Kampung Adat ini kita dapat melihat keindahan Alam hamparan sawah pada musim tanam dan panen. lokasi lainnya untuk melihat view bagus hamparan sawah dapat kita nikmati dari Embung Lokujangi.
Situs Sejarah di Laitarung
Rombongan Sapi ditengah Hutan
Disumba Tengah juga saya sempat menyaksikan prosesi tarik Batu kubur, dimana banyak atraksi yang dapat kita saksikan seperti proses seserahan hewan yang dilakukan oleh pihak keluarga, dan cara menarik batu yang mengesankan dengan beberapa nyanyian adat yang menjadikan kental nuansa mistiknya. Waktu itu saya menyaksikan moment tersebut di kampong Pasunga.
Ada juga salah satu makam yang tergolong besar untuk ukuran orang sumba yaitu makam dari Mantan Bupati 1 Sumba yaitu Almarhun Umbu Tipuk Marisi. Dulu sumba sebelum terbagi menjadi 4 Kabupaten sebagaimana sekarang ini, Sumba Masih menajadi 1 Kabupaten dan beliau berasal dari Sumba Tengah . tepatnya diwilayah antara Desa anajiaka dan wairasa Kecamatan Umbu Ratu Nggay Barat.
View sawah dari Embung Lokujangi
disekitaran Padang Mayapa
Keluar dari bicara tentang cagar Budaya banyak juga potensi Alam yang menarik di Kabupaten Sumba Tengah. Bila menuju wilayah selatan kita dapat merasakan sejuknya alam Hutan Taman Nasional Manupeu Tanah Daru,
dari ketinggian kita dapat melihat dan nikmati keindahan alam pantai Konda. Dan kita lanjut sampai konda Maloba kita dapat melihat keindahan pantai yang masih dengan kealamiannya. Ada pantai Konda, aili dan Pantai Maloba. Mungkin di Maloba kita dapat menukmati deburan ombak yang tenang untuk semua pantai diwilayah selatan. Karna di pantai ini terdapat pulau – pulau kecil yang dapat memecah gelombang. Bila kita amati Hampir seluruh pantai diwilayah selatan Sumba memiliki gelombang yang tinggi karena merupakan laut Lepas bagian dari Samudera Hindia. Jadi saya dapat menikmati betul ketenangan Ombak di Pantai Maloba yang berlapis-lapis namun tenang ombaknya.di dalam Taman Nasional kita dapat menikmati keindahan Air Terjun Matayangu dan Lapopu.
Maloba Beach
Sekarang kita menuju wilayah Utara dari Kabupaten Sumba Tengah, dimulai dari Mamboro kita dapat melihat keindahan alam pertanian basah dari ketinggian di wilayah Kecamatan Mamboro.  Dan kita menuju pantai pasir besi yang mana pasirnya seperti ada kandungan besinya, terus dilanjutkan ke pantai kapulit dengan pasir putihnya, dan lanjut kearah wende dipantai wende kita dapat menikmati teluk panjang yang indah membentang pasirnya dan yang paling penting adalah kealamiannya yang masih asri dengan kesejukan udaranya.

Di bagian jalur tengah antara Maradesa - Soru tepatnya diwilayah Desa Weluk Praimemang kita dapat menikmati hamparan padang rumput diketinggian lebih dari 300 Meter diatas permukaan air laut (DPL). namanya Padang Mayapa sebuah alam yang menakjubkan keindahannya.

Kampung Pasunga
Wende Beach
Terimakasih untuk alam Sumba Tengah yang telah banyak memberikan ketakjuban alam tersendiri buatku dan dapat kuberbagi cerita dalam blogq. Dan terimakasih juga atas keramahan masyarakatmu yang selalu menjadi ingatan memori bagiku. 

2 komentar:

  1. Makasi dah kunjung blog sy..n skarng sy balas mngunjungi blog kwn..
    Tulisannya bagus membawa kesan penasaran bagi yang belum pernah datang, so keep promote our sumba island..
    Sukses trus bro Gbu...

    Nitip link y www.ilovesumba.blogspot.com

    BalasHapus

SILAHKAN IDE, KOMENTAR, UNEG-UNEG ANDA TENTANG SEMUA POSTINGAN INI